Ternyata Ada Kotoran Manusia di Bulan

Ternyata Ada Kotoran Manusia di Bulan | Bulan adalah objek penelitian antariksa yang paling sering di kunjungi oleh manusia. Pertanyaannya adalah, apakah astronot-astronot meninggalkan sampah di sana? Jawabannya tentu saja iya. Para astronot tentu saja lebih memilih membawa 'pulang' benda-benda penelitian, misalnya batuan bulan, dari pada sampah.


Imbasnya, saat ini di bulan terdapat banyak sekali jenis sampah yang berserakan. Salah satunya adalah kotoran astronot!

Menurut sebuah situs yang secara khusus mendeteksi sampah bulan, trashonthemoon.com, terdapat tidak kurang dari 96 kantung yang berisi kotoran manusia, kencing, dan muntahan. Namun, para astronot tidak meninggalkan kotoran itu di bulan tanpa sebab.

Ternyata mereka berharap kotoran-kotoran tersebut menjadi objek penelitian astrobiologi yang penting. Misalnya, NASA suatu saat ingin meneliti kotoran manusia yang ditinggalkan di luar angkasa dalam kuru waktu 100 tahun untuk melihat apakah ada mutasi genetik yang terjadi.

Lingkungan bulan yang ekstrem tanpa atmosfer sangat cocok dipakai untuk meneliti mutasi gen pada bahan organik, seperti kotoran manusia. Keberadaan radiasi matahari dan suhu super dingin, mencapai minus 200 derajat Celsius, diklaim mampu menunjukkan mutasi yang tidak akan pernah terjadi di bumi.

96 kantung kotoran itu dihasilkan dari beberapa misi Apollo yang dilaksanakan mulai dari tahun 1969 hingga 1972. Lalu, apakah NASA masih berminat meninggalkan kotoran lagi di bulan?

Atau apakah anda yang berniat menyusul? hehehehe....