Lagi di Yogyakarta ? Coba Kunjungi 4 Destinasi Wisata Ini

Lagi di Yogyakarta ? Coba Kunjungi 4 Destinasi Wisata Ini | Jika kita mendengar Jogja, tentu pikiran kita akan tertuju ke Tugu Jogja, Malioboro, atau Parangtritis. Memang, tiga lokasi tersebut merupakan ikon dari Jogja. Tak mengherankan, setiap musim liburan tiba, hampir dipastikan ketiga tempat ini selalu ramai. Nah, bagi kalian yang ingin berwisata ke Jogja, namun ingin menikmati ketenangan, gue punya alternatif buat kalian.

1. Air Terjun Jurang Pulosari


Air terjun satu ini terletak tidak jauh dari pusat kota Jogja, tepatnya di daerah Pajangan, Bantul. Namun, walaupun lokasinya relatif mudah dijangkau karena dekat dengan pusat kota Jogja, air terjun ini masih benar-benar asri, sehingga bisa membuat kalian segar kembali. Memang air terjun ini tidak seterkenal air terjun yang berada di Kulon Progo, namun air terjun ini juga memiliki air dengan warna hijau tosca, warna yang sama dengan air terjun di Kulon Progo. Untuk akses menuju ke lokasi sangatlah mudah. Jalan menuju kesana juga sudah diaspal halus. Sedangkan untuk tempat parkirnya, kalian bisa menitipkan di rumah warga dengan biaya sekitar Rp3000. Sangat terjangkau bukan?

2. Situs Warungboto


Situs Warungboto merupakan sebuah peninggalan sejarah dimana tempat ini merupakan sebuah pesanggrahan atau tempat peristirahatan. Dahulu, situs ini masih berupa reruntuhan bangunan. Namun, setelah mengalami pemugaran, situs ini menjelma menjadi tempat wisata baru yang ada di Jogja. Untuk menuju kesini sangatlah gampang, karena situs ini masih berada di wilayah administrasi Kota Jogjakarta. Atau gampangnya, situs ini berada di dekat Kebun Binatang Gembiraloka. Tempat ini sangat cocok bagi kalian yang menyukai wisata sejarah. Namun, bagi yang tidak terlalu suka dengan wisata sejarah, kalian juga masih bias mengunjungi situs ini, karena situs ini juga fotogenik. Jadi bagaimana? Tertarik untuk belajar sejarah sambil berfoto ria?

3. Curug Siluwok


Curug Siluwok merupakan salah satu air terjun dari gugusan air terjun di Perbukitan Menoreh. Namanya memang asing di telinga masyarakat awam. Pamornya kalah jauh jika dibandingkan dengan Kedung Pedut ataupun Kembang Soka. Namun jangan salah, surga tersembunyi satu ini memiliki pesona yang sangat indah. Seperti halnya air terjun lain di Perbukitan Menoreh, air dari Curug Siluwok ini berwarna hijau tosca. Air terjun dengan ketinggian kurang lebih 20 meter ini memiliki kolam air yang tidak terlalu dalam dibawahnya. Namun, untuk menuju kesini diperlukan pengorbanan yang tidak sedikit. Pastikan kendaraan kalian dalam keadaan yang benar-benar prima agar tidak mogok di jalanan yang naik turun khas jalanan perbukitan.

4. Pantai Goa Watu Lawang


Pantai Goa Watu Lawang merupakan salah satu pantai di gugusan pantai Gunungkidul. Seperti halnya pantai Gunungkidul lainnya, pantai Goa Watu Lawang memiliki pasir putih dengan batu karang yang menjadi pembatas dengan pantai yang berada di sebelahnya. Pantai Goa Watu Lawang terletak di antara Pantai Indrayanti dan Pantai Pok Tunggal, dua pantai yang hampir dipastikan selalu ramai saat musim liburan tiba. Karena pengunjung lebih memilih dua pantai tersebut, pantai Goa Watu Lawang cenderung lebih sepi pengunjung, jadi sangat cocok untuk kalian yang ingin merelaksasi pikiran.